Selasa, 19 Januari 2010

Menulis Gotong Royong

Setelah sekian lama mengikuti kulian Online "Menulis" di FB yang dipimpin oleh Pak Ersis Warmansyah Abbas, ketertarikan menulis makin menjadi-jadi. Kalau sehari saja tidak menulis satu tulisan rasa ada beban berat dalam pikiran ini. Serasa berbuat dosa. Alhaamdulillah apa yang diberkan oleh Pak Ersis selama ini membuat diri ini semakin mencintai yang namanya menulis.

Menulis dan menulis. Ituah yang selalu dikomandokan oleh Pak Ersis. Benar apa yang dikatakan oeh Beliau bahwa kita jangan malu atau takut dicerca untuk menghasilkan suatu karya, orang yang senang mencerca belum tentu bisa menghasilkan sebuah tulisan. Dan itu memang benar adanya. Banyak orang yang mempunyai gelar dari sarjana sampai profesor, doktor, belum bisa yang namanya menulis. menapa demikian? Mungkin saja mereka malas, atau penuh dengan kesibukan, atau juga memang benar tidaak bisa membuat tulisan. Wallahualam.

Program menulis yang selalu dikampanyekan oleh Pak Ersis tidak hanya melalui FB atau bangku sekolah saja, namun program yang dikampanyekan oleh Beliau juga merebak masuk ke dalam lingkungan sekolah, khususnya di SMAN 1 Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu. Alhamdulillah, saya selaku guru di sekolah tersebut dapat menyampaikan program menulis tahun 2010 kepada siswa di sini. Banyak siswa yang tertarik untuk menulis, karena saya selalu memperkenalkan tips-tips menulis dan tulisan Pak Ersis kepada siswa. Hasilnya, mudah-mudahan siswa di sini memang benar-benar serius dalam mengikuti kegitan yang nantinya akan mulai berjaan Insya Allah hari Selasa ini.

Ketertarikan siswa ini dipicu oleh kegiatan menulis yang dilakukan Pak Ersis dan kawan-kawan yang selalu membagi-bagikan tulisan kepada kawan-kawn di FB. Siswa yang melihat kegiatan ini tentu saja sering bertanya pada saya. Dan mereka sangat ingin sekali membuat tulisan agar bisa dipublikasikan di FB. Alhmdulillah semenjak ikut program yang dikampanyekan oleh Pak Ersis ternyata mampu menularkan virusnya kepada siswa SMAN 1 Simpang Empat.

Menghasilkan tulisan adalah sebuah kebanggaan yang luar biasa. Inilah yang diinginkan para siswa di sini. Mungkin banyak ide di dalam pikiran mereka, namun kesulitan menuangkan ke dalam sebuah tuisan. hal ini dikarenaan mungkin karena susahnya menyusun kosakata, merasa takut menulis karena berpikiran tulisannya akan dicerca, dan juga tidak ada guru yang memperhatikan ide dan gagasan mereka. Ini adalah merupakan tantangan. Tolong doa dari Pak Ersis dan Kawan-kawan sekalian, mudah-mudahan hambatan ini dapat dilalui dan siswa benar-benar bisa menulis dan menulis.

Bagaimana menurut Sampeyan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar / berkonsultasi di sini, tetapi jangan yang berbau SARA.