Senin, 18 Januari 2010

Menulis: Jumat Menulis

Hari Jumat adalah hari yang sakral bagi umat muslim. Yang mana keiatan kerohanian banyak dilakukan mulai dari malam Jumat sampai pada hari Jumatnya. Kita sering melihat dan mungkin juga sering melakukan kegiatan membaca amalan-amalan, atau melakukan berbagai macam shalat sunnat serta membaca Al-Qur'an pada malam Jumat. Tentu saja tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, sehingga malam itu menjadi malam yang begitu sakral. Kalau melihat di kampung-kampung yang jauh dari perkotaan, suasana malam Jumat memang benar-benar suasananya terlihat sakral. Yang terdengar adalah lantunan orang membaca dzikir di surau atu di masjid, kemudian membaca surah yaasin dan membaca amalan lainnya. Jarang sekali terlihat orang melakukan kegiatan yang berbau keduniawian.

Malam Jumat juga kadang-kadang dinggap sebagai malam yang angker. Mengapa? Mungkin sudah dari nenek moyang kita mitos tersebut diturunkan kepada anak cucu agar tidak keluyuran ke luar rumah dengan tujuan kita semua melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita. MItos tersebut tentu saja saat ini masih saja berkembang di dalam masyarakat kita. Mungkin saja mitos tersebut sudah dikultuskan oleh nenek moyang dan harus dipegang erat oleh anak cucunya.

Ketika pagi Jumat, di instansi pemerintah kegiatan bekerja seperti hari-hari lainnya berbeda jauh dengan hari Jumat. Ini mungkin dikarenakan waktu yang sempit karena harus dihadapkan dengan shalat Jumat. Tentu saja Shlat Jumat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Oleh karena itu, supaya tidak bertabrakan dengan pelaksanaan shalat Jumat, pemerintah mengganti kegiatan bekerja dengan berolahraga bersama dan melakukan kegiatan Jumat bersih bersama.

Tidak hanya di lingkungan pemerintahan, tetapi di lingkungan pondok pesantren juga demikian. Jumat begitu sakral bagi mereka. Oleh karena itu, santri-santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren diliburkan pada hari Jumat. Sebagai ganti kegiatan sekolah, mereka biasanya banyak yang melakukan kegiatan keagamaan sambil menunggu datangnya shalat Jumat.

Pada minggu yang telah lewat ada ajakan dari sahabat kita yang bernama Fatimah Adam, mengajak kita untuk melakukan kegiatan menulis bersama pad hari Jumat. Ini merupakan gagasan yang bagus untuk kita kerjakan. Biasanya di harai Jumat di instansi pemerintahan melakukan olah raga bersama dan melakukan Jumat bersih bersama. Dan untuk kita, bagaimana kalau melakukan menulis bersama setiap hari Jumat. Mudah-mudaan kawan-kawan menyetujuinya.

Alangkah indanya jika kita bisa meakukan sesuatu yang teerbaik di hari Jumat ini. Melakukan menulis bersama di hari Jumat dan menjadikannya sebagai program wajib bagi kita selaku jamaah fesbukiyah yang mendukung dan melakukan kampanye "menulis" pasti akan menimbukan suatu kenikmatan dan kebanggaan tersendiri. Yang pastinya, silaturrahmi kita akan selalu terjalin dengan baik. Semoga saja banyak yang mendukung dan ikut serta menuangkan pikirannnya dalam tulisan di hari yang sakral ini. Amiin.

Bagaimana menurut Sampeyan?


Faisal Anwar; Tanah Bumbu, 15 Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar / berkonsultasi di sini, tetapi jangan yang berbau SARA.